May 4, 2017

HYDRATE YOUR SKIN : Hi Aloe Vera

Aloe Vera
Aloe Vera GEL

Kenapa kita perlu menghidrasi  kulit?  Untuk teman-teman yang memiliki kulit kering, tentunya harus mau tidak mau memperhatikan kulit ekstra lebih dalam menghidrasi kulit atau selalu menjaga kelambapan kulit. Karena apa? Karena definisi kulit yang sehat itu biasanya identik dengan kulit yang glowy, kenyal dan lembab , bahkan licin (sampai-sampai nyamuk nemplok kepleset di kulit...).

Sebenernya punya kulit oily atau kering punya kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Kalau teman-teman yang punya kulit kering  kemungkinan tidak mudah jerawatan dan punya pori-pori yang lebih rapet dari yang punya kulit berminyak. But, negatifnya kulit kering adalah garis-garis halus di wajah atau fine line akan terlihat, selain itu ada gradakan-gradakan bak jalan aspal rusak di area yang memang kering banget. Terus, kalau muka kering  sewaktu dipakein foundation yg nggak cocok, lama-lama bakal keliatan crack di muka… Wah kalau make up wisudaan crack bikin bête sih… apalagi sesi foto biasanya pas akhir-akhir, udah siang banget pas panas-panasnya, make up nya crack pula.

Selain kulit kering dan oily masih ada 3 jenis lagi, yaitu kombinasi, normal (bersyukur bangetlah kalian yang punya jenis kulit ini), dan sensitive(jenis kulit ini perlu perhatian ekstra). Nah, tetep ya semuanya perlu dihidrasi. Akhir-akhir ini sudah banyak booming (udah agak lama sih) produk yang berbahan dasar real Aloe Vera yang mengklaim dapat menyejukan dan melembabkan kulit.



SEJARAH KILAT ALOE VERA

Aloe Vera sudah digunakan sebagai berbagai macam tujuan sejak zaman Mesir Kuno. Masyarakat Mesir Kuno menyebutnya sebagai PLANT OF IMMORTALITY. Aloe Vera sendiri atau Lidah Buaya termasuk tanaman kaktus dari Liliacea Family. Dia tumbuh di daerah kering di dataran Afrika dan India, dimana telah dimanfaatkan sebagai obat sejak berabad-abad taun yang lalu. Umumnya digunakan menyembuhkan luka luar dan mengatasi sunburn.


MANFAAT ALOE VERA

1.     Mengatasi Sunburn
2.     Bertindak sebagai Moisturizer
3.     Mengatasi jerawat
4.     Melawan aging
5.     Mengurangi penampakan stretchmarks
6.     Kaya nutrisi yang bagus untuk kesehatan
7.     Menyejukan untuk penyakit pada gusi
8.     Membantu melancarkan pencernaan


EFEK PENGGUNAAN ALOE VERA LANGSUNG KE KULIT

OK deh temen-temen, di atas telah disebutkan banyak manfaat dari aloe vera tapi gimana ya kalau aloe vera mentah-mentah diaplikasiin ke kulit? Apakah pasti bakal menghidrasi dan melembabkan kulit kita? NOPE, ternyata tidak. Banyak yang bahkan mengalami kulit kering saat mengapilkasikan lidah buaya mentah-mentah.

Penjelasannya kenapa kok bisa malah kulit jadi kering? Jadi begini penjelasannya, kulit kita bisa lembab karena pertama kandungan kelembaban kulit kita sebenarnya memang sudah cukup memadai (range nya 10-20%). Yang selanjutnya, kemungkinan terbesar adalah saat kulit kita dipakai produk untuk melembabkan (aloe vera mentah-mentah), dikarenakan bahan ini tidak memiliki kandungan untuk memelihara kelembaban tersebut, maka dengan sangat cepat akan langsung hilang, sehingga kulit bisa langsung menjadi kering. Hilangnya kelembaban tersebut bisa karena cuaca, kesehatan kulit, lipatan lemak, dan lain-lain.


Produk Gel ALOE VERA

Nah, sekarang kita akan membahas produk gel Aloe Vera-nya. Yaps, jadi begini… si Lidah Buaya ini memiliki kandungan air sebesar 98.5% dan Aloe Vera bermanfaat menutrisi, menyejukan, dan melembabkan kulit. Tapi…. Sayangnya ada fungsi yang tidak ada pada ALOE VERA ini, yaitu fungsi sebagai pemelihara kelembaban kulit, dimana perlu ada third party sebagai pemelihara dari kelembaban tadi, agar bertahan di kulit. Jadi,idealnya selain Aloe Vera murni, perlu adanya campuran zat emollient dan humektan guna menyempurnakan dan mendapakan hasil yang memuaskan dari manfaat Aloe Vera ini.

Inilah ternyata kenapa berjamurnya produk-produk yang basisnya Aloe Vera. Disini aku sudah pernah mencoba 3 produk Aloe Vera, made in Korea dan made in dalam negeri.

1.     Nature Republic : SOOTHING & MOISTURE ALOE VERA 92 %

Aku merasa ini cukup memuaskan. Aku sudah pernah 2 kali re-purchase dan memang isinya banyak banget. Aku merekomendasikan produk ini banget untuk teman-teman yang memang penasaran, tapi masih belum nyoba. Gelnya wanginya enak dan seger banget dipake di kulit. Bahn-bahannya juga cukup meyakinkan, tapi ada kandungan alkoholnya jadi buat yang kulit sensitive harus lebih hati-hati. Bentuknya gel banget (hampir cair, mudah dipisahkan/dipipihkan) dan cepet meresap.


2.     WARDAH : Hydrating Aloe Vera Gel

Ini merk lokal punya, dimana aku juga nggak kalah suka ya sama Nature Republic tadi. Kegunaannya juga sama aja kok. Cuma, yang ini nggak ada kandungan alkoholnya, jadi mungkin akan lebih aman untuk yang punya kulit sensitiv. Bentuk gelnya juga sama seperti Nature Republic, tapi menurutku daya resapnya lebih cepat yang Nature Republic.


3.     YUMEI : ALOE VERA SOOTHING GEL

Jujur aku juga nggak terlalu kenal sama merk ini, malahan baru tahu juga pas mau beli gara-gara Nature Republic abis pas aku mesen di sebuah ol-shop IG dan aku ditawari produk ini. Aku akhirnya mauan aja (Mauan aja nih aku). Eh lihat pas sampe, persis banget packagingnya sama Nature Republic, pas liat made in Korea juga tapi ya nggak pernah denger brand ini. Yaudah deh dicoba saja. Hasilnya juga enak tapi meurutku lebih lama meresapnya. Gelnya agak lebih padat, dan agak menggumpal, sehingga jatuhnya jadi lebih lengket. Dan untuk ingredientsnya aku juga nggak bisa nemuin di belakang. Ya sudah sekian penjelasanku tentang produk ini.



OVER ALL…. Aku Paling suka sama Nature Republic but WARDAH juga bener-bener nggak kalah kece, aku bener-bener suka keduanya…. Untuk Yumei, karena aku nggak lihat ingredientsnya jadi aku masih belum mau coment yang panjang-panjang.




11 comments:

  1. Penasaran mba sama wardahnya, mau tapi masih ragu buat beli :'

    svnnyms.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo menurutku produk ini serius banyak bgt manfaatnya, ga buat muka aja dan friendly travel pula

      Delete
  2. Aku selalu pakai Aloe dari Nature Republic beluman pernah nyoba yg lain. Penjelasan sejarah Aloe kamu kayak youtuber kesukaanku di Gdiipa ^^,

    fridaadp.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. Aku punya yang wardah dan suka banget sama teksturnya. Aku jadiin daily moisturizer deh, wanginya juga enak :)

    frenchkiesa.blogspot.co.id

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuhu emng serba guna bgt, dulu jg ak suka jadiin moisturizer dan tinggal tambahin sunscreen aja udh ok.

      Delete
  4. Aku punya Wardah dan surprisingly dia bagus banget, apalagi buat ngilangin sunburn.. ngefek banget di aku! :D

    vanillaberrys.blogspot.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya katanya emng bagus bgt buat ngilangin sunburn nya

      Delete
  5. Kak tanya dong.. Aloevea republic kalo digunakan sebagai pelembab aja trus ga dipakein bedak lagi ato bb cream apa bs ya? Atau hrus ditimpa pake bedak lagi biar keliatan mulus mukanya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Aku pernah coba, jadi aloe vera ini bisa banget dijadiin moisturizer. Tapi kamu tambahin sunscreen lagi ya, karena kalau cuma mengandalkan spf di bb cream/cc cream kalau kamu sering berkegiatan out door nggak cukup.

      Delete
  6. Kak mau tanya dong, yang nature republic belinya di olshop yang mana ?? Bingung juga banyak bgt.
    Thank you

    ReplyDelete

What's pop?

Newest Entry

[REVIEW] Scarlett Acne Toner dan Glowthening Serum

  Di   awal tahun 2022 ini, kalian sudah melewati apa saja? Kita masih harus berkutat dengan pandemi yang belum kunjung kelar namun setidakn...

INSTAGRAM