December 28, 2018

BB Lightening Cake Powder 03 Review + Opini mengenai tabarruj

powder, wardah
BB Lightening Cake Powder shade 03

Sebelum masuk ke inti dari review kali ini, saya ingin berbagi dulu mengenai opini saya tentang Tabarruj. Berhubung saya menulis tulisan ini di hari Jumat mungkin akan saya sedikit kaitkan dengan agama saya. Tabarruj sendiri memiliki arti berlebih-lebihan. Dimana kita sebagai umat Muslim tahu jika dalam Al-Quran tabaruj ini memang dilarang. Apakah pakem dan arti Tabarruj itu sendiri? Yang pasti adalah melakukan yang terlarang dalam merias diri. Ilmu agama saya belum sangat mumpuni namun saya tetap ingin berbagi, terlebih sebagai orang yang berkecimpung langsung di dunia blogging mengenai kecantikan. Hal tersebut adalah yang menjadi pakem saya dalam memilah-milih makeup dan skincare yang saya putuskan untuk beli sekaligus melakukan review terhadap barang-barang makeup maupun skincare.
Saya sendiri belum berani mengatakan saya sudah seratus persen tidak tabaruj dan selalu mengikuti syariat agama dalam merias diri. Dari pengalaman saya, beberapa lawan jenis yang saya kenal tidak menunjukan respon negatif atau menggoda walau saya bermakeup, justru jika dari pengalaman saya, itu tergantung kepribadian orang itu sendiri apakah wanita itu ada potensi bisa digoda atau tidak, mau bermakeup atau tidak, yang paling penting tetap kecantikan dari dalam diri. Dan satu lagi, pentingnya menempatkan diri untuk seberapa terlihat makeup yang kita gunakan. Saya sendiri sering makeup, namun memang bertema makeup no makeup sehingga tidak terlihat mencolok namun kadang kala, juga bosan dengan makeup no makeup sehingga mengganti dengan makeup yang lebih bold.
Intinya memang terlalu mencolok itu tidak dianjurkan tapi kadang kala sebagai manusia kita masih belum bisa menakar apakah tampilan kita sudah sepatutnya atau terlalu berlebihan, atau bahkan kurang. Oleh karena itu, janganlah bermakeup untuk tujuan agar dilihat lebih oleh manusia, karena opini manusia tidak selalu pas dengan hati kita, terima masukan positif dan negatif dengan lapang dada. Jujur saja semenjak suka melihat beauty channel di youtube, saya merasa jika wanita memakai makeup itu memang sudah fitrahnya karena ingin terlihat cantik dan tidak kusam setomboy apapun wanita itu.
Barang yang saya beli dan gunakan memang tidak semuanya bersertifikat halal, namun kita punya pilihan lain yaitu vegan atau vegetarian yang artinya tidak ada kandungan turunan hewani dari makeup atau skincare tersebut, kalau hanya cruelty free saja, saya rasa memang masih belum cukup. Jikapun ada kandungan hewani, masih diperbolehkan seperti susu, madu, telur, dan sebagainya. Untuk carmine dan lendir siput sendiri sebenarnya ada beberapa pendapat mengenai diperbolehkannya, saya mengikuti pendapat yang masih memperbolehkan penggunaannya. Untuk lanolin? Ini berasal dari bulu domba, dimana tidak harus menyembelih domba tersebut untuk mengambil kandungan lanolinnya. Apakah YAKIN dombanya tidak disembelih? Kembali ke keyakinan masing-masing, jika ragu-ragu tinggalkan, tapi jika yakin tidak disembelih, silahkan lanjutkan. Bagi saya penting memang untuk mencari tahu namun juga dengan beberapa referensi dimana ada beberapa situs daftar produk halal dari luar negri yang juga bisa menjadi acuan. Untuk masalah dalil sendiri, silahkan dicari sendiri karena saya memang bukan pakar yang mumpuni untuk membahas mengenai Hadist ataupun Ijtima Ulama. Memang kalau mau mencari aman langsung saja menuju produk yang sudah berlabel halal, namun tidak semua orang bisa langsung cocok dengan produk pasaran yang sudah mendapat sertifikat halal. Banyak yang merujuk ke dokter kulit yang mana obat-obatnya juga belum tentu sudah bersertifikat halal. Perlu diketahui perlu proses yang sangat panjang dan dana yang tidak sedikit untuk mendapatkan sertifikat halal pada sebuah brand, belum lagi sertifikat tersebut ada masa expirednya. Yang paling penting menurut saya adalah kita ada usaha untuk mencari tahu tentang yang kita gunakan sebelum memutuskan untuk membeli produk tersebut. Pada dasarnya, saya juga percaya terhadap BPOM di Indonesia, walaupun belum bersertifikat halal, namun apabila sudah tercantum BPOM, saya yakin BPOM juga mengerti jika kandungan yang tidak sesuai dengan syariat seharusnya perlu ditinjau kembali, terlebih BPOM Indonesia pasti tahu jika pemakai produk tersebut pasti sebagian besar Muslim. Ini jujur opini saya saja, terserah jika teman-teman memiliki opini berbeda. Namun apabila teman-teman tetap ingin waspada mengenai kandungan produk walau produknya sudah mendapat BPOM tentu itu jauh lebih baik.

Catatan untuk diri saya sendiri, saya memang ingin berbagi mengenai informasi produk kecantikan dan itu diniatkan memang untuk sharing sehingga saya mencoba banyak produk dan pada akhirnya produk kecantikan yang saya punya bisa dibilang cukup banyak, ini murni untuk reader saya yang memang ingin mencari tahu review mengenai produk-produk kecantikan lewat kacamata saya. Sekian opini kali ini dari saya, lanjut saja kita review produk halal dari Wardah. Kali ini produknya adalah BB Lightening Cake PowderLET'S MOVE TO THE REVIEW!

CLAIM

“Multi care with oil balancing beads and UV Light filter”



powder, wardah


PACKAGING

Seperti umumnya bedak, packagingnya di tempat bedak yang bentuknya bulat, ada tempat khusus sponsnya. Sponsnya lembut dan enak dipakai. Kacanya juga lumayan. Namun tempatnya agak ringkih pecah karena dari plastik biasa. Dan tulisan covernya juga cepat hilang karena tergesek.



powder, wardah


APPLICATION

Pada umumnya menggunakan bedak padat, saya suka mengaplikaikannya menggunakan brush karena akan lebih natural tampilan akhirnya. Sedangkan untuk memberikan coverage yang lebih, lebih baik gunakan spons yang tersedia dengan cara pengaplikasian dengan tap-tap saja, bukan digeser.



powder, wardah


INGREDIENTS and TEXTURE

Teksturnya sangat lembut dan butirannya halus. Untuk warna 03 ini sangat pas dan masuk di warna skintone saya.



wardah, powder
Swatch BB Lightening Cake Powder 03

Untuk formulasi lengkapnya, silahkan bisa dilihat berikut.



wardah, powder
Ingredients BB Lightening Cake Powder 03


MY IMPRESSION

Menurut saya, bedak padat ini sangat enak dipakai karena teksturnya yang lembut dan butirannya juga sangat halus. Saya sangat suka bedak ini karena walaupun compact powder namun finishingnya tetap natural, tidak dempul meskipun sudah pakai spons bawaannya. Untuk coveragenya juga masih ada, yaitu medium coverage. Yang saya suka dari bedak ini adalah tidak menyebabkan cracking walau pengaplikasiannya menggunakan spons bawaan. Selain itu, bisa menahan minyak hingga 4 jam jika di outdoor namun bisa lebih jika di indoor bisa sampai 6-7 jam, setelah itu harus touch up kembali. Warnanya juga cukup masuk di warna kulit saya, dan ini adalah warna nomor 3nya. Untuk yang punya warna kulit lebih gelap dari saya sayangnya kurang bisa masuk. Walau begitu, pemakaiannya masih agak tricky di kulit saya karena jika dipakai di atas base yang tidak tahan lama akan cepat juga hilangnya sedangkan jika dipakai sendiri akan lebih awet. Jadi menurut saya bedak ini lebih bagus sebagai bedak touch up.





WHERE TO BUY? HOW MUCH?

Tentunya Wardah ada dimana-mana sehingga kalian tidak perlu khawatir bagaimana menemukannya.


SUMMARY

(+) cukup ringan, medium coverage, butirannya halus

(-) packagingnya terlalu ringkih


RATING

4/5


REPURCHASE?

Masih belum tahu karena masih banyak


No comments:

Post a Comment

What's pop?

Newest Entry

[REVIEW] Scarlett Acne Toner dan Glowthening Serum

  Di   awal tahun 2022 ini, kalian sudah melewati apa saja? Kita masih harus berkutat dengan pandemi yang belum kunjung kelar namun setidakn...

INSTAGRAM