September 19, 2018

REVIEW : L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE 107 (Fresh beige)


L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE

Kali ini aku mau review make up lagi yang mana udah 3 bulan terakhir aku punya. Yap, ini adalah salah satu foundation yang udah dirave sama banyak beauty vlogger maupun blogger. Mungkin aku termasuk orang yang telat buat review foundation ini, tapi aku tetep exited mau buat review foundation ini soalnya saking aku sukanya sama drugstore foundation ini. L’oreal infallible pro matte foundation ini bener-bener juarak buat kulit yang oily.
Penasaran kenapa aku bisa suka banget sama foundi ini? Yuk cek reviewnya!

PACKAGING

L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE
L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE 

Walaupun kemasannya plastik yang bisa dibilang kurang ramah lingkungan, tapi keuntungannya dia sangat realistis untuk dimasukan ke dalam pouch dan dibawa travelling kemanapun tanpa takut nambah-nambahin beban ataupun risau barang pecah belah. Tubenya juga kecil dan gampang dikontrol seberapa banyak liquid yang mau dikeluarkan. Kemasannya enteng dan mungil, hanya segenggam tangan saja besarnya.
Klaim: Demi-matte finish Air-light Oil-Free

L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE
L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE 

APLIKASI
Kamu mau pake beauty blender, kuas, ataupun tangan, itu terserah kamu aja sih. Sesuai selera kamu aja pokoknya.

INGREDIENTS
Bahan utamanya ialah Dimethicone, dan bisa kita tahu jika itu adalah silikon dan artinya foundation ini adalah silikon base yang pasti bisa melembabkan.
Dari bahan-bahan tersebut, untuk yang masih mungkin ada animal derivednya adalah Tochopherol karena dia adalah vitamin E yang bisa berasal dari produk dairy maupun bisa berasal dari vegetables.

L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE
L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE 

MY IMPRESSION
Bahas klaimnya dulu ya, sumpah, ini tahan 12 jam dong di aku. Bener-bener nahan minyak parah lah… Aku sendiri kan combination cendrung oily, jadi nggak berminyak banget sih dari awalnya. Coveragenya juga medium to high, jika di build bisa jadi high coverage. Range warnanya itu loh, banyak banget dan sayangnya aku milih shade yang salah, yaitu 107 fresh beige. 107  cocok banget untuk yang punya yellow atau warm undertone dengan range warna kulit yang medium (sawo matang sedikit cerah, nah loh….). Pokoknya pas banget yang buat kulit sawo matang agak cerahan. Berhubung undertone aku neutral atau olive, jadinya kalo aku pake ini single, warna kulit aku jatuhnya jadi lebih kusam. Aku emang makenya harus diakalin sama bedak yang lebih cerah. Aku suka serba salah kalo nyari shade foundation, karena kulitku ada diantara warm dan cool undertone. Kalo yang cool, entar jadi abu-abu, kalo yang warm, ntar jadi kusam. Kalo untuk oxydize-nya, jujur mungkin karena aku pake warna yang lebih gelap, dari asli kulitku, jadinya nampak sekali lama-lama ada reaksi oxydize dari foundation ini, tapi sedikit turun aja kok, intinya menurutku tetap worth it to buy.

TIPS! Sedikit tips dari aku, Kalo foundation yang warm undertone ini cara mengakalinya adalah cukup pake bedak yang lebih cerah (kalo bisa yang translucent), kalo yang cool undertone, aku biasanya nyampurin concealer corector yang warna kuning (bener-bener kuning ya) ke foundationnya, nanti jadi warnanya olive gitu. Tapi inget ya, range warna kulinya disesuaikan sama kulit kamu apakah medium, light to medium, fair, dan lain-lain.

CRUELTY FREE? VEGAN? VEGETARIAN? HALAL?
L’oreal ini produknya masih dijual di China Tiongkok (RRC), jadi ada kemungkinan belum cruelty free.  Tapi, dari klaim L’oreal FaQ pada websitenya, dituliskan jika sejak 2014, peraturan di China Tiongkok sudah tidak mewajibkan animal testing lagi pada sampo, body wash, maupun kosmetik. L’Oreal memiliki Epskin (rekonstruksi model untuk kulit manusia) di Shanghai sebagai ganti untuk melakukan animal testing. Tapi L’oreal (saat aku menulis tulisan ini) belum termasuk di web PETA sebagai brand yang sudah 100% cruelty free. Namun, aku akan tetap mengambil acuan dari web L’oreal tidak secara langsung melakukan animal testing pada produknya. Untuk kehalalannya, aku masih menggunakan acuan dari website www.muslimconsumergroup.com, dimana pada sumber tersebut mencantumkan jika L’oreal tidak menggunakan beef fat maupun pork fat sehingga bisa masuk kategori yang aku bisa pakai. Ini pendapat aku ya, jadi terserah opini dari teman-teman bagaimana. Selama aku masih ada sumber acuan yang memang bisa dipegang, dimana dinyatakan produk itu halal dan non beef fat, maka aku tetap bisa memakai produk tersebut. Kalau ada teman-teman ada yang berpendapat lain dengan aku, itu juga dipersilahkan, yang penting memang ada sumbernya. Kalo masalah alkohol, karena yang dipakai bukan alkohol dari industri khamr, aku tidak mempermasalahkan soal ini. Untuk lebih lanjut, aku nemu websitenya yubikanobi yang bertanya langsung ke L’oreal mengenai ingredients yang dipakai di kosmetik L’Oreal.

Where to Buy? How Much?
Kalo aku sendiri beli ini di Shopee, tapi aku nggak menyebut tokonya ya, kalo ada yang mau tahu, langsung email ke aku aja seperti biasa. Akan aku jawab dengan senang hati jika email ke aku. Bisa juga ke counter L’orealnya langsung, sayang waktu itu aku stoknya tinggal yang buat warna dark. Kisaran harganya antara 140 ribu sampe 190 ribu, yang jelas tidah sampai 200 ribu.
Aku selalu belanja di shopee menggunakan filter harga terendah, buat aku asal tokonya sudah mendapat rating 4.7 ke atas dengan transaksi sudah ratusan dan mengecek komentar pembelinya, dimana bukan komentar mengenai barang palsu, maka aku tidak ragu membeli di toko tersebut.

L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE
L'OREAL INFALLIBLE PRO-MATTE 


Experience


-1-
Untuk gambar pertama, aku meratakan foundinya (tanpa menggunakan base) hasilnya belum benar-benar matte, jadi foundi ini maih terasa lembab di kulit aku. Lumayan banget coveragenya dan karena ini aku pakai cahaya, jadi terlihat masih terang warna foundinya.
-2-
Untuk yang kedua, aku menggunakan bedak bb cake compact powder wardah (ini bedak padat namun ringan) yang warna natural, sesuai sama kulit aku dan hasilnya sangat matte. Kalian bisa tambahkan fix spray agar finishingnya tidak terlalu powdery. (ketahanan 12 jam)
-3-
Yang ketiga, aku gunakan bedak marcks rose dan aku aplikasikan baking di bawah mata pandaku, aku suka karena menghighlight undereye aku dan hasilnya mukaku nggak flat banget (kelihatan sedikit ada efek brighteningnya) . Finishingnya tetap akan matte, jadi lebih baik di akhir kalian semprotkan finishing water spray supaya tidak terlalu powdery. (ketahanan 12 jam)

SUMMARY
(+) Oil resistance for many hours, pilihan warna banyak, harga worth it to buy
(-) cari di counternya, lagi banyak warna yang kosong, sedikit oxydize

REPURCHASE?
Yap, kemungkinan besar

RATING
4.5/5


10 comments:

  1. Aku udah lama pengen cobain foundation ini tapi selalu kepincut sama merk lain hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bagus banget lah ketahanannya, coveragnya buildable. Kata yang vlogger lain malah bagusan ini sama yang loreal total coverage

      Delete
  2. Dulu punya shade 105, jaman kulit masih super oily parah cocok banget sama foundie ini. Tapi semenjak skincare mulai rajin, kondisi kulit jadi cenderung normal malah foundie ini jatuhnya jadi bikin kulit aku keliatan kering :D

    www.rzwdanti.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Karena hasilnya matte banget jadi bisa buat muka kering. Aku kadang kalo keadaannya normal jg begitu rasanya, jadi mending dikasih fix spray abis pake bedak

      Delete
  3. Wahh beneran ini bisa nahan minyak beb? wajahku pabrik minyak nih, harus selektif bgt kalo milih foundie.

    www.ursula-meta.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya kak bener, ini cocok buat kulit oily dan bisa nahan minyak seharian

      Delete
  4. I used this foundation before, but the shade always turns orange on me even though I already got the palest color that will match my skintone.

    xx Alyssa | STYLE VANITY

    ReplyDelete
    Replies
    1. Really sad that the color is too pale for your skintone. Maybe you have to mix the color to make it fit to your skintone/undertone

      Delete
  5. aq juga pakai ini, n cocok banget sampe udah repuchase berkali2

    ReplyDelete
    Replies
    1. Terimakasih sudah mampir. Aku sangat suak formulasinya yang menahan minyak tapi mungkin harus eksplor warna2 yang lainnya.

      Delete

What's pop?

Newest Entry

[REVIEW] Scarlett Acne Toner dan Glowthening Serum

  Di   awal tahun 2022 ini, kalian sudah melewati apa saja? Kita masih harus berkutat dengan pandemi yang belum kunjung kelar namun setidakn...

INSTAGRAM